fighting games

Mengenal Apa sih Esport itu ? Dan Jenis-jenis Esport yang diLombakan

Siapa yang tidak kenal dengan Video Game ? Bagi sebagian orang bermain game merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi hanya sekedar untuk mengisi waktu luang atau mengusir jenuh. Dengan berbagai platform seperti console, PC, laptop, hingga smartphone, video game masuk ke dalam kalangan di berbagai usia, begitu pun dengan ribuan game yang setiap tahunnya diproduksi. Hal ini menjadikan game sebagai konsumsi yang tidak ada habisnya seperti teknologi lain. Anggapan yang dulu sering disematkan kepada pecandu game sebagai orang yang pemalas kini terbantahkan, apalagi ketika game menjadi hiburan yang dapat menghasilkan uang. Game bukan hanya dimainkan sekedar mengisi waktu luang, namun menjadi profesi yang menjanjikan jika serius ditekuni.

Apa itu Esport ?

esport

ESport merupakan singkatan dari Electronic Sport, Meskipun masih terdengar canggung, namun eSport ini merupakan olahraga yang sedang naik daun, dan memiliki penggemar yang tidak kalah banyak dengan olahraga lain, seperti sepak bola. Selain itu, hadiah yang diperebutkan pun tidak kalah menarik, seperti The International for Dota 2 yang memberikan 2,8 juta Dolar AS untuk pemenang. Apa yang difokuskan dalam eSport bukanlah sesuatu yang menitikberatkan pada pergerakan fisik seperti olahraga pada umumnya. Melainkan pada sifatnya yang kompetitif. Hal ini hampir mirip dengan olahraga catur.

Jenis Game Esport yang Sering dilombakan

Sebenarnya game apapun bisa diperlombakan di eSport. Namun, karena eSport sudah memiliki ekosistem serta industri yang besar, maka peminatnya pun harus tak kalah besar. Hal ini tentunya dilakukan untuk menjaring para sponsor untuk ikut berpartisipasi. Maka tak heran kenapa total hadiah suatu kejuaran bisa mencapai ratusan juta. so, adapun jenis Esport yang sering dilombakan adalah sebagai berikut

1. Multiplayer Online Battle Arena ( MOBA )

MOBA
Sekarang ini Multiplayer Online Battle Arena ( MOBA ) merupakan jenis game yang sedang hangat-hangatnya, termasuk di Indonesia. Pelibatan multi-player dalam permainan membuat MOBA semakin diminati dikalangan anak muda, terlebih semenjak munculnya game mobile yang bernama Mobile Legends. MOBA juga merupakan jenis esport yang sering dilombakan dan sering memecahkan rekor, baik dari jumlah penonton maupun hadiah yang didapat.

2. Fisrt Person Shooter ( FPS )

fps
First-Person Shooter atau akrab disebut FPS merupakan jenis game yang lagi booming di zaman sekarang. Game ini layaknya simulasi tembak menembak dalam perang yang menempatkan pemain dalam sudut pandang tokoh yang dimainkan. Dengan hanya menampilkan moncong senjata atau bagian kepala, seolah FPS menjadikan pemain menjadi tokoh dalam game tersebut.

3. Real Time Strategy ( RTS )

rts
Real-Time Strategy atau RTS merupakan jenis esport yang sering dilombakan yang lebih mengandalkan pada strategi dalam jangka waktu lama. Pada permainan jenis ini, pertarungan tidak terjadi secara langsung, tetapi pemain diarahkan untuk membangun kekuatanya terlebih dahulu. Clash of Clans adalah salah satu contoh game RTS pada perangkat smartphone. Dalam game RTS, pemain akan melihat map besar untuk mengetahui batas wilayahnya dan juga wilayah musuh. Menariknya, game jenis ini melibatkan strategi dalam jangka waktu lama, dimana pemain harus menghimpun segala sumber daya untuk membangun wilayah, bangunan, pasukan, dan sebagainya dari bahan-bahan yang tersedia.

4. Sports Games

sports games
Sports Games adalah jenis game dari olahraga yang ada di dunia baik itu olahraga yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Ada berbagai jenis esport yang sering dilombakan dalam Sport Games yang merupakan simulasi dari cabang olahraga, seperti: Sepak bola, bela diri, tenis, panahan, bowling, panahan, memancing, dll

5. Racing

Racing Games
Meskipun Racing termasuk dalam cabang Game Sport, namun dalam perkembanganya game jenis Racing berdiri sendiri karena memilki fanbase-nya sendiri. Game ini merupakan simulasi balap dari medan darat, air, dan udara. Game Racing biasanya hanya menampilkan stir yang sedang dipegang oleh tokoh dalam game. Tampilan muka ini mengingatkan pada FPS dimana pemain seolah terlibat langsung dalam situasi game.

6. Fighting Games

fighting games
Siapa yang tidak tahu dengan Fighting Game? Jenis game ini memang digemari banyak orang, apalagi pada era 90-an. Dengan perhelatan satu lawan satu, Fighting Game bisa menaikan pamor gamer jika bisa mengalahkan lawan-lawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pengertiannya JessNoLimit Untuk Menghibur Jessica Jane Karena Diselingkuhi Pacarnya.
esports_1 Next post 5 Fakta Bahwa Esport Memang Termasuk Cabang Olahraga